Memaksimalkan Komputer (Optimation PC)

Memaksimalkan komputer sama dengan memilih spesifikasi yang tepat agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Komponen-komponen yang dipertimbangkan adalah: Prosesor
  • Motherboard
  • Memori
  • Harddisk
  • VGA
  • Power supply
  • Monitor

Prosesor
Prosesor adalah otak dari sebuah komputer. Prosesor mengatur semua kegiatan dalam sistem komputer. Prosesor yang biasanya digunakan adalah prosesor dengan merk Intel dan Amd. Perbedaanya dari kedua merk tersebut adalah: Intel: Harga relatif mahal, range varian dan harga banyak Amd: Harga relatif murah dengan performa seimbang, konsumsi daya lebih tinggi dibandingkan prosesor intel dengan kualitas yang sama

Motherboard
Motherboard adalah tempat di mana komponen-komponen sebuah komputer dipasang. Board ini bertugas mengatur laju data dan daya dalam sistem komputer. Banak jenis motherboard yang ditawarkan sekarang ini. Ada motherboard yang telah terintegrasi VGA ada yangg tidak. Untuk kompatibilitas dengan prosesor, motherboard untuk Intel dan untuk Amd mempunyai socket yang berbeda begitu juga dengan varian-varian prosesor. Prosesor Intel maupun Amd menggunakan socket yang berbeda untuk varian yang berbeda. Sehingga perlu diketahui socket seperti apa yang digunakan untuk prosesor yang dipilih.

Memori (RAM)
Memori biasa disebut RAM adalah memori untuk menyimpan proses data untuk sementara. Memori yang beredar dan banyak digunakan sekarang adalah RAM tipe DDR2 dan DDR3. Memori DDR3 SDRAM mempunyai bandwith yang lebih tinggi dibanding DDR2 SDRAM. Memori DDR3 lebih hemat energi dengan performa yang lebih baik daripada DDR2. Tetapi untuk saat ini memori DDR3 harganya masih lebih tinggi daripada DDR2. 2.4 Harddisk Harddisk adalah tempat untuk menyimpan data secara permanen. Harddissk memiliki banyak variasi ukuran diantaranya 80GB, 120GB, 160GB, 250GB, dst. 

VGA
VGA adalah komponen yang digunakan untuk mengatur tampilan grafis yang ditampilkan oleh monitor. Beberapa motherboard telah memiliki VGA yang terintegrasi(VGA onboard). VGA dengan kualitas tinggi biasanya digunakan untuk memainkan game-game yang membutuhkan spesifikasi tinggi atau untuk pengolahan grafis. Untuk penggunaan standar(pemrosesan data tingkat menengah) tidak membutuhkan VGA yang terlalu canggih. VGA yang populer adalah VGA dari Nvidia dan Ati.

Power Supply
Power supply adalah komponen yang memasok daya ke semua komponen dalam komputer. Komponen ini sering kali dilupakan padahal ini merupakan komponen yang penting karena sebagai sumber energi. Power supply yang ditawarkan biasanya menunjukkan angka(dalam watt) sebagai informasi daya dari power supply tersebut. Angka yang ditunjukkan dalam power supply belum tentu sesuai dengan daya yang sebenarnya sehingga perlu dicermati agar dapat memilih power supply yang bebar-benar kuat untuk memasok daya komputer.

Monitor
Monitor adalah komponen untuk menampilkan data. Macam-macam monitor yang beredar adalah monitor LED dan monitor LCD. Monitor LCD harga lebih murah daripada monitor LED tetapi lebih boros daya.
Komponen lain adalah optical drive, speaker namun itu hanya optional . Setelah mengetahui secara umum tentang spesifikasi yang perlu dipertimbangkan adalah tentang harga dan penggunaan. Sebelum memilih spesifikasi tentukan dahulu dana yang akan dialokasikan untuk membeli komputer lalu akan digunakan untuk apa komputer tersebut. Contoh-contoh spesifikasi komputer adalah:

Low-end/komputer tingkat rendah :
Komputer low-end/komputer tingkat rendah harganya relatif murah namun penggunaanya hanya sekedar untuk mengetik data dan pemrosesan data tingkat rendah.
Contoh spesifikasinya adalah:
  1. Dual Core E5400(processor)
  2. ECS G41T-M5(motherboard)
  3. VISI-ON 1GB PC 6400(memori)
  4. WDC SATA II 160GB 8MB(hardisik)
  5. Speedpower AX-500-S 500W(VGA)

Mid-end/ komputer tingkat sedang :
Komputer mid-end/komputer tingkat sedang harganya sedikit mahal namun penggunaanya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Komputer mid-end dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan grafis tingkat menengah. Contoh spesifikasinya adalah:
  1. Core i5 750 Box (8M Cache, 2.66 Ghz) (processor)
  2. Biostar T5XE(motherboard)
  3. G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM(memori)
  4. WDC SATA II 500Gb 32Mb Green(hardisik)
  5. MSI GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3(VGA)
  6. Speedpower AX-550-S 550W(power suply)
  7. Lite On DVDRW Sata 24x(monitor)

High-end/ komputer tingkat tinggi :
Komputer high-end /komputer tingkat tinggi harganya relatif mahal namun penggunanya paling superior dibanding komputer mid-end dan low-end. Contoh spesifikasinya adalah:
  1. Core i5 750(processor)
  2. Biostar T5XE(motherboard)
  3. G.SKILL 4GB DDR3 1600 Mhz(memori)
  4. WDC 500GB SATA II 32mb(hardisik)
  5. HIS HD 5850 Cypress Pro 1Gb 256Bit DDR5(hardisik)
  6. DELL 20 Inch S2009W+DVI 1600x900(VGA)
  7. Speedpower AX-600-S 600W(power suply)
  8. Lite On DVDRW Sata 24x(monitor)
  9. ALTEC Lansing BXR-1221 2.1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

M1 dengan Arsitektur ARM pengganti Intel di MacBook

Saham Bukalapak Pada Pasar Modal

Mengenai Saham GoTo (Gojek, Tokopedia)